Pages

Rabu, 14 Juli 2010

Al-Ahad (Yang Tunggal)

Hanya Dia-lah yang memiliki segala sifat kesempurnaan, kemuliaan dan kebesaran, indah dan terpuji, hikmah dan rahmat,dan yang lainnya dari sifat-sifat kesempurnaan.

Maka tidak ada satu pun yang setara dan sebanding dengan-Nya, tidak pula yang sama walaupun hanya dari satu sisi. Dialah Yang Mahatunggal dalam hidup-Nya dan wahdaniyah dalam mengurus makhluk, ilmu, dan kekuasaan-Nya, kebesaran dan keagungan-Nya, keindahan dan terpuji-Nya, hikmah dan rahmat-Nya,dan sifat-Nya yang lain, yang disifati dengan kesudahan sifat yang sempurna dan puncaknya dari setiap sifat dari sifat-sifat ini.

Sebagian dari bukti keesaan dan kesendirian-Nya dengan (segala sifat kesempurnaan), bahwasanya Dia bersifat Ash-Shamad (tempat bergantung segala urusan). Maksudnya, Rabb Yang sempurna, Rabb Yang Mahabesar, yang tiada tersisa sifat kesempurnaan, kecuali Dia memiliki sifat itu. Disifati dengan kesudahan dan kesempurnaan-Nya, yang semua makhluk tidak bisa meliputi segala sifat itu dengan hati mereka, bahkan lisan mereka pun tidak bisa mengungkapkan tentang hal itu.

Sumber: Syarah Asma’ul Husna, Dr. Sa’id bin ‘Ali bin Wahf al-Qahthani, Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar