Sesungguhnya orang-orang bijak telah sepakat bahwa taufik berarti Allah tidak menelantarkan jiwamu, sedangkan khudzlan adalah Allah Ta'ala menyerahkan jiwamu kepada dirimu sendiri (menelantarkan jiwamu). Maka barangsiapa yang dikehendaki Allah mendapat kebaikan, niscaya Allah membuka baginya perasaan hina di hadapan Allah, senantiasa bersandar kepada Allah, merasa butuh dengan-Nya, menyadari akan aib dan kebodohan dirinya, kedzaliman dan pembangkangannya. Dalam waktu yang bersamaan dia mengakui akan karunia Allah dan kebaikan-Nya, rahmat-Nya, wujud-Nya, Maha kaya dan segala sifat-Nya yang terpuji.
Seorang yang bijak, berjalan menuju Allah Ta'ala dengan kedua sayap ini, tidak mungkin berjalan melainkan dengan keduanya. Manakala hilang salah satu darinya, maka bagaikan burung yang kehilangan sebelah sayapnya.
Syaikhul Islam berkata, "Seorang yang bijak berjalan menuju Allah di antara dua keadaan yakni mengakui karunia Allah dan menyadari aib diri dan kekurangan amalnya."
Inilah makna yang terkandung dalam sabda Rasulullah صلي الله عليه وسلم di dalam hadits yang shahih: "Sayyidul istighfar adalah hendaknya seseorang membaca:
اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ
"Ya Allah, Engkaulah Rabbku, tidak ada ilah yang haq kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku, dan aku adalah hamba-Mu, dan aku berusaha memenuhi janji-Mu semampuku. Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari buruknya apa yang aku kerjakan, aku mengakui nikmat-Mu atasku, dan aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau." (HR. Al-Bukhari).
Terkumpullah dalam hadits nabi tersebut "aku mengakui nikmat-Mu atasku, dan aku mengakui dosaku", yakni mengakui nikmat Allah dan mengakui aib dirinya dan kekurangan amalnya.
Merasakan nikmat akan menumbuhkan kecintaan, pujian, dan rasa syukur kepada Pemberi nikmat dan kebaikan. Sedangkan mengakui aib dirinya dan kekurangan amalnya akan menumbuhkan rasa rendah, fakir di hadapan Allah dan bertaubat pada setiap kesempatan.
Ibnul Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah
www.ibnumajjah.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar