Pages

Selasa, 13 Juli 2010

Al-Haq (Yang Maha Benar)

Al-Haq (Yang Mahabenar).

Allah subhanahu wa ta'ala adalah Yang Mahabenar pada Dzat dan sifat-Nya, Dia yang wajib (harus) ada, sempurna segala sifat, sementara keberadaan-Nya adalah keharusan bagi Dzat-Nya.

Tiada sesuatupun ( di dunia ini) kecuali karena keberadaan-Nya. Dia Yang senantiasa disifati dengan kebesaran dan kesempurnaan. Dia senantiasa dikenal dengan ihsan-Nya (kebaikan-Nya).

Maka perkataan-Nya, perbuatan-Nya, bertemu dengan-Nya adalah haq (benar). Rasul-Rasul-Nya adalah haq, semua Kitab-Nya dan agama-Nya adalah yang haq. penyembahan kepada-Nya Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya adalah haq dan segala sesuatu yang dinisbatkan kepada-Nya, maka hanya Dialah Yang haq.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

“(Kuasa Allah) yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah, dialah (Tuhan) yang haq dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah, itulah yang batil, dan sesungguhnya Allah, dialah yang Mahatinggi lagi Mahabesar.” (QS. Al-Hajj: 62).

“Dan katakanlah, ‘Kebenaran itu datangnya dari Rabbmu. Maka barang siapa yang ingin (beriman), hendaklah ia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir), biarlah ia kafir’...” (QS.Al-Kahfi: 29)

“Maka (Dzat yang demikian) itulah Allah Rabb kamu yang sebenarnya. Maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan…” (QS. Yunus: 32).

“Dan katakanlah, ‘Yang benar telah datang dan yang bathil telah lenyap.’ Sesungguhnya yang bathil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap…” (QS. Al-Israa’: 81)

“Di hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yag setimpal menurut semestinya, dan tahulah mereka bahwa Allah-lah yang benar, lagi yang menjelaskan (segala sesutatu menurut hakikat yang sebenarnya).” (QS. An-Nur: 25)

Sifat-sifat-Nya yang agung dan perbuatan-Nya adalah haq, ibadah kepada-Nya dan janji-Nya adalah haq, ancaman dan hisab-Nya (perhitungan amal) adalah merupakan keadilan yang tiada kezhaliman padanya.

Sumber: Syarah Asma’ul Husna, Dr. Sa’id bin ‘Ali bin Wahf al-Qahthani, Pustaka Imam Asy-Syafi'i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar